Apa Perbedaan NQ100, SP500, dan DJ30?

Halo, kembali lagi bersama komunitas MIGRO! Kami adalah satu-satunya komunitas trading Indonesia yang menjamin bahwa klien kami bebas dari praktik manipulasi dan kecurangan - dengan garansi uang kembali 100%!

Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang perbedaan ketiga index futures yang sudah kami singgung pada dua tulisan sebelumnya.

Bila sebelumnya kami hanya menjelaskan perbedaan ketiganya dari sisi volatilitas dan lot trading, maka kali ini kami ingin menjelaskan tentang perbedaan fundamental - yakni saham apa saja yang terdapat dalam ketiga index tersebut.

NQ100

Index ini adalah favorit anggota kami yaitu Levi. NQ100 merupakan yang paling volatil namun juga berpotensi menghasilkan keuntungan di jangka pendek. Sesuai namanya, index ini mengandung 100 saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di Amerika yang paling sering diperdagangkan. Hal unik tentang NQ100 adalah tidak mengandung saham di sektor keuangan sama sekali. Sektor yang berada disini antara lain teknologi, kesehatan, dan industrial.

SP500

Index ini adalah favorit Adrian, karena sedikit lebih tenang pergerakan harganya. Sesuai namanya juga, index ini mengandung 500 saham di Amerika, jauh lebih banyak daripada NQ100 yang hanya 100 saham saja. Karena memiliki komposisi yang lebih banyak dan variatif, maka menurut Adrian index ini memiliki risiko sektoral/makro yang lebih kecil. Hal ini juga yang mengakibatkan SP500 kerap kali digunakan sebagai metriks performa market saham Amerika Serikat secara keseluruhan. Meskipun jumlahnya 500 saham, namun secara mengejutkan seluruh saham tersebut adalah perusahaan yang dinilai sudah memiliki market cap besar.

DJ30

Meskipun memiliki komposisi saham yang paling sedikit, namun Dow Jones index ini merupakan salah satu acuan yang juga paling sering digunakan. Komposisi saham ini terus berubah tergantung kriteria yang sudah diterapkan oleh komite khusus dari index ini, tanpa penjelasan jelas tentang alasannya. Hal inilah yang kerap kali menjadi kritik utama atas index ini, meskipun perusahaan yang masuk dalam index ini selalu dinilai 'berdampak pada ekonomi Amerika Serikat'

Dow Jones memiliki volatilitas yang bahkan lebih rendah daripada SP500, sehingga paling cocok untuk pemula dengan modal terbatas.

Apapun index yang membuat kamu tertarik, pastikan index tersebut tersedia di market futures broker kamu ya. Nah, oleh karena itu, kami merekomendasikan broker mitra kami yaitu FinanciaFX, yang menyediakan produk futures ketiga index tersebut pada penawaran akun mereka.

Gunakan kode referral kami, dan dapatkan tambahan fasilitas dibawah ini:

  • Garansi legal anti kecurangan dan manipulasi broker (baca selengkapnya)
  • Fasilitas data jurnal tick-per-tick (berdasarkan permintaan)
  • Edukasi dan signal trading gratis
  • Diskon untuk penggunaan bot Velocity (akan segera hadir)
  • Potensi bonus penghasilan dengan menjadi referral kami (baca selengkapnya)

Pastikan untuk menggunakan link referral kami untuk mendapatkan keuntungan tersebut.

Copyright @ 2021 Migro.
All right reserved